Kelas Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer)
Arrow Back

Detail Kelas

Flash Sale Icon

FLASH SALE

00

00

00

Play Small

BEST SELLER

PRAKERJA

Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer)

RATING

5

(7402 rating)

KATEGORI

Teknologi & Software, Prakerja

Tentang Kelas Siap Kerja

Selaras dengan program Pemerintah Indonesia dalam mencetak SDM yang unggul, Skill Academy melalui Kelas Siap Kerja dapat membantu kamu mengembangkan keterampilan untuk bersaing di pasar tenaga kerja.

Kelas Siap Kerja telah disusun berdasarkan standar kompetensi yang berlaku dan diverifikasi oleh tim Prakerja.

Deskripsi

Deskripsi Kelas
Berdasarkan Outlook Lapangan Pekerjaan Indonesia (OLPI) 2020,  pengembang perangkat lunak berada pada kategori cerah, artinya terdapat pertumbuhan pekerjaan yang tinggi jika dibandingkan dengan persediaan tenaga kerja yang ada. Salah satu okupasi pada pengembang perangkat lunak  adalah desainer software. Pekerjaan ini kian populer karena pertumbuhan teknologi dan informasi yang begitu cepat dan perannya yang penting dalam organisasi. Sesuai dengan Klasifikasi Jabatan Baku Indonesia (KBJI) 2014, tugasnya meliputi: merancang sistem perangkat lunak (software) komputer dengan mendeskripsikan arsitektur software, menggambarkan software, mengorganisasi dan mengidentifikasi berbagai komponen, menggambarkan tiap komponen secara cukup mendetail untuk konstruksinya; melakukan konsultasi dengan staf teknik untuk mengevaluasi antarmuka antara hardware dan software; dan  mengarahkan pengujian perangkat lunak dan prosedur validasi.

Okupasi Desainer Software memiliki beberapa role yang bermacam-macam di perusahaan, diantaranya adalah UX Researcher, UX Designer dan UX Writer. Kelas ini khusus dirancang untuk peserta yang ingin mempersiapkan diri berkarir menjadi UX Designer.

Pada kelas ini peserta akan mempelajari penggunaan agile dan scrum, gambaran umum UX designer, user centric design, konsep customer journey, identifikasi persona, prototyping, pembuatan portofolio UX, wawancara kerja, serta bagaimana sikap-sikap yang perlu ditampilkan untuk dapat bekerja dalam sebuah tim.

Tujuan Umum
Peserta mampu mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi berdasarkan standar pengembangan software sesuai SKKNI Nomor 44 Tahun 2017.

Tujuan Khusus
1. Menentukan metodologi pengembangan perangkat lunak 
2. Menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak 
3. Mengidentifikasi tujuan 
4. Mengidentifikasi pemangku kepentingan 
5. Menentukan teknik wawancara (interview) 
6. Menentukan teknik prototipe
7. Melakukan validasi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak 
8. Meninjau ulang (review) kebutuhan perangkat lunak dengan membuat prototipe
9. Mendefinisikan User Experience (UX) 
10. Menyusun dokumen rancangan UX 
11. Menuliskan konten portofolio UX
12. Memilih proyek yang disertakan
13. Menentukan medium portofolio UX
14. Menguraikan jenis-jenis pertanyaan yang muncul saat wawancara kerja
15. Merinci tips saat wawancara kerja
16. Memiliki sikap kerjasama/kolaborasi tim menggunakan agile mindset 
17. Menunjukan komunikasi yang aktif dalam tim
18. Mengambil keputusan berdasarkan data (data-driven) 
19. Memiliki sikap empati saat mengamati users
20. Memiliki keterampilan berpikir secara kritis dalam mengembangkan produk

Kelompok Sasaran
1. Pendidikan minimal SMA/sederajat
2. Memiliki ketertarikan bekerja sebagai desainer software (UX designer)
3. Memiliki gadget (PC, laptop, atau smartphone) dengan aplikasi untuk menulis (notepad/microsoft word/ google docs) atau menyusun presentasi (microsoft power point/google slides)

Aspek Kompetensi

Metode Ajar
LMS dengan ceramah, peragaan dan membaca hand out. 

Cara Mengikuti Sesi Tanya Jawab
1. Akses Kelas yang telah kamu beli.
2. Pada Kelas, terdapat menu di bagian kiri bawah bertuliskan Konten Tambahan. Klik submenu Tanya Instruktur.
3. Kamu akan diarahkan ke halaman baru untuk dapat melakukan hal berikut:
  a. Mengakses panduan lengkap mengenai sesi tanya jawab
  b. Mengajukan pertanyaan terkait materi Kelas
4. Kamu dapat mengikuti sesi tanya jawab dengan klik submenu Video Sesi Tanya Jawab pada menu Konten Tambahan yang terdapat di bagian kiri bawah.
5. Video Sesi Tanya Jawab bersama Ugeng Wijaya dapat diakses setiap Jumat, pukul 16.00-17.00 WIB. Video akan diperbaharui setiap minggunya.
6. Selamat mengikuti Kelas!

Tagging: Okupasi, Profesional, Desainer Software, UX UI Desainer, Mengetahui Penggunaan Agile dan Scrum, Merancang User Experience, Berpikir Kritis, Agile dan Scrum Framework, UXDesign, Portofolio Desain.  

Selengkapnya

Chevron Down White

Tagging:

Berpikir Kritis

Desainer Software

Merancang User Experience

UX UI Desainer

Profesional

UX Design

Mengetahui Penggunaan Agile dan Scrum

Agile dan Scrum Framework

Siap Kerja

Portofolio Desain

Okupasi

Tentang Instruktur

Ugeng Wijaya

Ugeng Wijaya

Professional Scrum Master

Ugeng Wijaya adalah Professional Scrum Master sekaligus Certified Indonesia Scrum Master dengan perolehan skor tertinggi. Selain itu, ia merupakan Profesional Scrum Product Owner yang telah banyak membantu implementasi agile dan scrum di beberapa perusahaan besar di Indonesia dan menjadi dosen tamu di beberapa kampus terbaik di Indonesia.

Sabrina Anggraini

Sabrina Anggraini

CEO Natuno Design Lab

Sabrina Anggraini adalah CEO Natuno Design Lab. Sabrina pernah bekerja sebagai interaction designer dan juga user interface designer di salah satu perusahaan tech-travel indonesia dengan pengalaman lima tahun lebih berkecimpung di dunia UI/UX. Sabrina juga merupakan Finalis Puteri Indonesia 2019 yang mewakili Provinsi Riau.

Luky Primadani

Luky Primadani

UX Researcher

Luky Primadani adalah UX Researcher di FlixBus dengan 9 tahun pengalaman mencakup UX Design dan Research. Kesukaannya pada human interest dan design thinking membuatnya terjun sebagai UX Researcher di FlixBus. Sebagai UX Researcher, Ia berfokus dalam mengedukasi tim dan organisasi untuk mengadopsi dan menerapkan mindset dan framework user-centric dalam proses product development.

Topik yang dibahas

20 Topik, 76 Materi, 6 Jam, 9 Menit

Pengenalan terhadap Agile

1. Pengenalan Kelas

2. Pengenalan terhadap Agile: Perspektif Bisnis User

3. Pengenalan terhadap Agile: Perspektif Tim Proyek

4. Value Ke-1 dan 2 dari Agile

5. Value Ke-3 dan 4 dari Agile

6. Prinsip Agile 1-6

7. Prinsip Agile 7-12

8. Kuis: Pengenalan terhadap Agile

Menjadi Agile

9. Agile VS Waterfall

10. Menjadi Agile VS Melakukan Agile

11. Kuis: Menjadi Agile

Fundamental dalam Scrum

12. Pengenalan Scrum Bagian 1

13. Pengenalan Scrum Bagian 2

14. Pilar-Pilar dari Scrum

15. Value dari Scrum

16. Kuis: Fundamental dalam Scrum

Peran-Peran dalam Scrum

17. Peran Product Owner

18. Peran Scrum Master dan Development Team

19. Kuis: Peran-Peran dalam Scrum

Dokumen dalam Scrum

20. Artefak-Artefak Scrum

21. Kuis: Dokumen dalam Scrum

Proses Pelaksanaan Scrum

22. Proses Pelaksaaan Scrum: Sprint

23. Proses Pelaksanaan Scrum: Sprint Planning

24. Sprint Harian

25. Peninjauan Sprint

26. Restrospektif Sprint

27. Tips Menjalankan Scrum

28. Ringkasan Agile & Scrum dalam Pengembangan Produk

29. Kuis: Proses Pelaksanaan Scrum

Pengantar UX Designer

30. Gambaran Umum UX Designer

31. Peran dan Tantangan UX Designer

32. Career dan Learning Path UX Designer

33. Kuis: Pengantar UX Designer

User Centric Design

34. Kerangka Kerja User Centric Design

35. Kuis: User Centric Design

Identifikasi Persona

36. Identifikasi Persona

37. Kuis: Mengidentifikasi Persona

Wawancara dan Survei Pengguna

38. Riset Pengembangan Produk

39. Wawancara

40. Survei Pengguna

41. Teknik User Research

42. Kuis: Wawancara dan Survei Pengguna

Customer Journey

43. Pemetaan Customer Journey

44. Kuis: Customer Journey

IA & User Flow

45. Penerapan User Flow

46. Kuis: IA dan User Flow

Membuat Prototipe

47. Prototipe

48. Paper Prototype

49. Teknik dan Tools Prototype

50. Kuis: Membuat Prototipe

Pengujian

51. Pengujian Menggunakan Paper Prototype

52. Usability Testing untuk Evaluasi Desain

53. 11 Pola Teks untuk UX Copy

54. 11 Pola Teks untuk UX Copy Lanjutan

55. Ringkasan Dasar UX Design

56. Ringkasan Dasar UX Design Lanjutan

57. Kuis: Pengujian

Pentingnya Memiliki UX Portofolio

58. Gambaran Umum UX Portofolio

59. Pentingnya Memiliki UX Portfolio

60. Kuis: Pentingnya Memiliki UX Portofolio

Menuliskan Konten Portofolio

61. Background, Problem, Goals, dan Pendekatan

62. Output, Outcome, dan Learning Proyek

63. Kerangka Portofolio UI/UX

64. Kesalahan dalam Mengemas UI/UX Portofolio

65. Kuis: Menuliskan Konten Portofolio

Memilih Konten yang Ingin Disertakan

66. Memilih Proyek dalam Lamaran Kerja

67. Menghadapi Kasus Khusus

68. Kuis: Memilih Konten yang Ingin Disertakan

Menentukan Medium Portofolio

69. Memilih Medium UI/UX Portofolio

70. Studi Kasus: Memilih Medium UI/UX Portofolio

71. Kuis: Menentukan Medium Portofolio

Wawancara Kerja dalam Bidang UI/UX Design

72. Menceritakan Keterampilan dan Portofolio

73. Tips Mengomunikasikan Portofolio

74. Tips Mengomunikasikan Portofolio Lanjutan

75. Kuis: Wawancara Kerja dalam Bidang UI/UX Design

Ringkasan UX Portofolio

76. Ringkasan Portofolio UI/UX

Ujian (Total: 2)

Durasi (Total: 0 Detik)

Exam

00:00

Pre-Exam

00:00

Konten Kelas

Play Video Small

44 Video

File Small

13 Dokumen

Exam Small

Pre Exam

Exam Small

Exam

Certificate Small

Sertifikat

Konten Tambahan

Message Green

Tanya Instruktur

Video Green

Video Sesi Tanya Jawab

Bonus Tambahan

Bisa ikutan Career Mentoring untuk mendapatkan panduan:

Checked Green Large

Membuat CV

Checked Green Large

Menulis surat lamaran

Checked Green Large

Menyusun profil LinkedIn

Checked Green Large

Menghadapi interview

Selengkapnya

Chevron Right Turquoise

Ulasan User

5

Dari 7402 Users

98%

2%

0%

0%

0%

materi yang disampaikan cukup detail dan mudah dipahami

Vivin Erlina Putri

24 hari yang lalu

Materi mudah dipahami, Sangat bermanfaat

Nurul fitriyana

24 hari yang lalu

Sangat bermanfaat

ERNAWATI

sebulan yang lalu

Baikkkkkkkkkkk

Sumiati

sebulan yang lalu

Terima kasih pelatihannya sangat bermanfaat

JOHORIA GALELA

sebulan yang lalu

Lihat Lainnya

Chevron Down White
Pin Green

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

© 2022 Skill Academy. All Rights Reserved

Whatsapp Outline

+62 815 7890 0000 (10:00-17:00 WIB)

Instagram Square
LinkedIn Square
Share White

Bagikan

Rp 625,000

BELI

Home Active

Home

Class Inactive

Kelas Saya

PraKerja Bottom Nav Inactive

Prakerja

Present Box White

Tambah Uang Saku

Others Inactive

Lainnya