Kategori

Chevron Down White
Search Black

DAFTAR/MASUK

Arrow Back

Detail Kelas

Flash Sale Icon

FLASH SALE

00

00

00

Play Small

PRAKERJA

Belajar Membuat Animasi 2 Dimensi dan Motion Graphic untuk Animator Pemula

RATING

4.9

(97 rating)

Tentang Kelas Siap Kerja

Selaras dengan program Pemerintah Indonesia dalam mencetak SDM yang unggul, Skill Academy melalui Kelas Siap Kerja dapat membantu kamu mengembangkan keterampilan untuk bersaing di pasar tenaga kerja.

Kelas Siap Kerja telah disusun berdasarkan standar kompetensi yang berlaku dan diverifikasi oleh tim Prakerja.

Deskripsi

Deskripsi Kelas: 
Animator merupakan profesi yang menciptakan berbagai jenis gambar dan menghasilkan ilusi gerak. Hasil karya dari animator biasanya dapat ditemukan dalam bentuk film, kartun, anime, video game, iklan, dan masih banyak lagi. Dalam pekerjaannya, seorang animator akan dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan seperti berpikir kreatif, menggambar secara manual maupun digital, mendesain, artistik, dan pemahaman software grafis. Dengan kemampuan ini, seorang animator mampu menghasilkan berbagai jenis animasi seperti animasi 2D, infografis, stop motion, motion graphics, isometric, animasi 3D. 

Kelas ini sangat cocok dipelajari bagi kamu yang masih tahap pemula atau awan dalam animasi, karena materi yang disampaikan dimulai dengan pemahaman dasar proses pembuatan animasi, seperti apa yang terjadi pada pra-produksi, produksi, hingga kegiatan pada pasca produksi. Selain itu, kamu juga akan dijelaskan prinsip dasar animasi yang digunakan dalam menggambar karakter agar terlihat dinamis dan tidak membosankan. Selain itu sebuah karakter animasi akan lebih hidup jika terdapat pergerakan seperti berputar, berjalan, dan berlari. Di mana penjelasan tersebut akan kamu temukan pada materi rotasi, walk cycle, dan run cycle. Dan tidak hanya ketiga hal itu, tetapi kamu juga dapat mengubah sebuah objek secara perlahan menjadi objek lain menggunakan teknik morphing animation. Seperti yang kita sering temukan pada karya animasi karakter pada sebuah video adalah karakter yang dapat berbicara dan berdialog dengan karakter lainnya. Nah, pada kelas ini kamu akan mendapatkan ilmu tersebut dalam materi lipsync dan menggunakan efek audio.  Hal penunjang lainnya dalam sebuah karya animasi adalah background dalam sebuah scene. Background merupakan hal pendukung estetika  karena kamu akan semakin mudah untuk menyampaikan sebuah cerita kepada penikmatnya. Kamu akan mempelajarinya pada materi background and perspective. Kamu juga akan belajar bagaimana cara untuk riset dan mengembangkan ide cerita lalu menuangkannya dalam bentuk permis, sinopsis, skenario dan storyboard. Tidak ketinggalan, pada kelas ini kamu akan menggabungkan bahan-bahan animasi yang telah kamu buat menjadi sebuah karya yang utuh. Kamu dapat menggabungkan karakter yang sedang berjalan maupun berlari dengan background pendukungnya, yang akan kamu temukan pada simple compositing. 

Selain itu, kamu juga akan mempelajari penggunaan software grafis seperti Adobe Photoshop yang dapat digunakan untuk membuat sebuah desain, khususnya foto dan desain grafis. Kamu akan mendalami fitur yang tersedia di Adobe Photoshop, mulai dari mengetahui fungsi dan kegunaan, mempelajari tiap tools yang tersedia, serta cara menggunakan tools tersebut. Lalu, kamu juga akan mempelajari Adobe After Effects yang menjadi software paling populer untuk kebutuhan motion graphic. Selain itu kamu akan mempelajari motion graphic mulai dari teori dan praktik menggunakan tools dalam Adobe After Effects. Kamu bisa mencoba cara menganimasikan objek sederhana, membuat tipografi, membuat transisi, animasi 3D/2.5D, efek paralaks, dan infografis.

Yuk ikuti kelasnya sekarang!

Tujuan Umum:
Peserta mampu membuat animasi karakter 2D berdasarkan skema studi kasus pada saat praktik mandiri dengan minimum skor 70.

Tujuan Khusus:
1. Peserta mampu menjelaskan teori prinsip dasar dalam membuat animasi 2 dimensi
2. Peserta mampu menjelaskan tahapan untuk membuat gerakan animasi
3. Peserta mampu membandingkan jenis-jenis storyboard dalam sebuah produksi animasi
4. Peserta mampu menjelaskan cara pengawasan produksi animasi
5. Peserta mampu menjelaskan cara penggunaan software bagi animator
6. Peserta mampu menggunakan tools dalam membuat animasi dan motion graphic
7. Peserta mampu mengaplikasikan tahapan membuat karakter animasi 2 dimensi dan motion graphic
8. Peserta mampu mengaplikasikan animasi objek pada karakter dan motion graphic
9. Peserta mampu bersikap teliti dalam proses membuat karakter animasi dan motion graphic
10. Peserta mampu bersikap cermat dalam menentukan konsep ide cerita pada animasi dan motion graphic

Kelompok Sasaran & Prasyarat
1.  Minimal pendidikan SMK/SMA/Sederajat
2. Animator pemula yang ingin belajar dasar untuk membuat karakter dalam animasi 2 dimensi
3. Masyarakat umum yang tertarik dengan bidang animasi khususnya 2 dimensi
4. Memiliki laptop dengan spesifikasi minimal core I3, Ram 4GB dan memiliki GPU dan mampu mengoperasikannya
5. Memiliki koneksi internet
6. Mampu menggambar digital dengan skala anatomi yang benar
7. Memiliki pemahaman gambar perspektif satu atau dua titik hilang
8. Mampu mengoperasikan tools yang berkaitan dengan desain dan film (Adobe Photoshop, Animate, After Effects, Toon Boom Harmony)

Aspek Kompetensi



Metode Ajar
Ceramah, Peragaan, Membaca PDF, Praktik Mandiri

Jadwal Sesi Tanya Jawab
Tiap Jumat, jam 16.00-17.00 WIB bersama dengan Bambang Gunawan

Tagging: 
Okupasi, Profesional, Animator, Menjelaskan Peran dan Cara Menjadi Animator, Membuat Animasi 2D dan Motion Graphic, Teliti Membuat Karakter Animasi dan Motion Graphic, Prinsip Dasar Animasi 2D dan Motion Graphic, Animasi dan Motion Graphic, Tools dalam Animasi dan Motion Graphic, Animasi Objek pada Karakter dan Motion Graphic 

Selengkapnya

Chevron Down White

Tagging:

#PRA-KERJA,

#siap-kerja,

#Profesional,

#Animator,

#Menjelaskan-Peran-dan-Cara-Menjadi-Animator,

#Membuat-Animasi-2D-dan-Motion-Graphic,

#Teliti-Membuat-Karakter-Animasi-dan-Motion-Graphic,

#Prinsip-Dasar-Animasi-2D-dan-Motion-Graphic,

#Animasi-dan-Motion-Graphic,

#Tools-dalam-Animasi-dan-Motion-Graphic,

#Animasi-Objek-pada-Karakter-dan-Motion-Graphic

Tentang Instruktur

Bambang Gunawan Santoso

Bambang Gunawan Santoso

Animator

Bambang Gunawan Santoso atau akrab dengan sapaan “Bambi” adalah seorang animator trainer di Studio SHOH Entertaiment serta penulis buku Nganimasi Indonesia dan Karakter Unyu Nganimasi.

Baswara Mursyid

Baswara Mursyid

Motion Designer

Baswara Mursyid sudah bekerja di dunia broadcast selama hampir lima tahun. Baswara juga pernah mengajar (part time) di President University. Kini, Baswara sedang menjalankan bisnis di bidang graphic design dan motion graphic dengan studio yang bernama Tora Creativeworks sebagai Head of Motion.

Topik yang dibahas

16 Topik, 77 Materi, 6 Jam, 11 Menit

Pengenalan Kelas Animasi

1. Pengenalan Kelas

2. Pengenalan Dasar Animasi

3. Sejarah Perkembangan Animasi

4. Mengenal Profesi Animator

5. Cara Menjadi Animator Sukses

6. KUIS 1: Pengenalan Kelas Animasi

12 Prinsip Dasar Animasi

7. Prinsip Dasar Animasi 1-6

8. Prinsip Dasar Animasi 7-12

9. Animasi Komputer dan Animasi Tradisional

10. Praktik Prinsip Dasar Animasi

11. Preset Animasi pada Adobe Photoshop

12. KUIS 2: Prinsip Dasar Animasi

Membuat Karakter Berotasi

13. Rotasi pada Animasi

14. Praktik Rotasi Adobe Animate

15. Praktik Rotasi Adobe Photoshop

16. Cara Animasi pada Adobe Photoshop

17. KUIS 3: Rotasi pada Animasi

Mempelajari Siklus Berjalan dan Berlari

18. Membuat Sketsa Walk Cycle

19. Walk Cycle dengan Karakter

20. Praktik Walk Cycle

21. Memperpanjang Satuan Frame dalam Walk Cycle

22. Praktik Run Cycle

23. Run Cycle dengan Karakter

24. KUIS 4: Walk dan Run Cycle

Teknik Morphing Animation

25. Morphing Animation

26. Praktik Morphing Animation

27. Praktik Morphing Animation dengan Multi Objek

28. KUIS 5: Morphing Animation

Lipsync pada Karakter

29. Praktik Lipsync Adobe Animate

30. Sinkronisasi Bibir dengan Suara

31. Praktik Lipsync Toonboom Harmony

32. KUIS 6: Lipsync pada Karakter

Perspektif dan Latar Belakang Animasi

33. Perspektif pada Latar Animasi

34. Praktik Pembuatan Latar Pohon

35. Praktik Membuat Latar Hutan dengan Banyak Pohon

36. Praktik Pembuatan Latar Hutan

37. Praktik Pembuatan Latar Gedung

38. KUIS 7: Perspektif dan Latar Belakang Animasi

Menyatukan Aset Animasi & Manajemen Produksi

39. Simple Compositing Walk Cycle

40. Duplikasi Layer untuk Walk Cycle

41. Praktik Duplikasi Layer untuk Walk Cycle

42. Simple Compositing Run Cycle

43. Praktik Simple Compositing Run Cycle

44. Membuat Layer dalam Run Cycle

45. Digital Puppeteer

46. Pengawasan Produksi Animasi

47. KUIS 8: Simple Compositing

Pengenalan Adobe After Effects

48. Motion Graphic Menggunakan Adobe After Effects

49. Fungsi Adobe After Effects

50. Tools dalam Adobe After Effects

51. KUIS 9: Pengenalan Adobe After Effects

Workflow

52. Workflow dalam Pembuatan Motion Graphic

53. Cara Import dan Export Hasil Karya

54. KUIS 10: Workflow dalam Pembuatan Motion Graphic

Tipografi, Shape dan Form

55. Pengenalan Tipografi

56. Praktik Tipografi

57. Shapes dan Forms

58. KUIS 11: Tipografi, Shape, dan Form

Cara Animasi Objek

59. Prinsip Animasi

60. Cara Menganimasikan Objek

61. Praktik Cara Menganimasikan Objek

62. Teknik Menggunakan Foto, Tekstur dan Video

63. KUIS 12: Cara Animasi Objek

Aplikasi Teknik 1: Membuat Transisi

64. Praktik 1: Cara Membuat Transisi

65. Praktik 1: Cara Membuat Transisi

66. Praktik 1: Cara Membuat Mask Transition

67. Praktik 1: Cara Membuat Transform Transition

68. 3D/2.5D dalam After Effects

69. KUIS 13: Praktik 1: Cara Membuat Transisi

Aplikasi Teknik 2: Membuat Parallax Effect

70. Praktik 2: Cara Membuat Efek Parallax

71. Praktik 2: Cara Membuat Efek Parallax

72. KUIS 14: Cara Membuat Efek Parallax

Aplikasi Teknik 3: Membuat Infografis

73. Praktik 3: Cara Membuat Infografis

74. Praktik 3: Cara Membuat Infografis

75. Praktik 3: Cara Menggabungkan Infografis

76. KUIS 15: Praktik 3: Cara Membuat Infografis

Ringkasan

77. Ringkasan

Ujian (Total: 2)

Durasi (Total: 0 Detik)

Pre test

00:00

Post test

00:00

Konten Kelas

Play Video Small

51 Video

File Small

11 Dokumen

Certificate Small

Sertifikat

Konten Tambahan

Message Green

Tanya Instruktur

Bonus Tambahan

Bisa ikutan Career Mentoring untuk mendapatkan panduan:

Checked Green Large

Membuat CV

Checked Green Large

Menulis surat lamaran

Checked Green Large

Menyusun profil LinkedIn

Checked Green Large

Menghadapi interview

Selengkapnya

Chevron Right Turquoise

Ulasan User

4.9

Dari 97 Users

94%

3%

1%

1%

1%

Sangat bermanfaat

santi diningsih

2 hari yang lalu

Sangat bagus dan mudah dipahami

Muhammad nur rahman

6 hari yang lalu

Sempurna!, Sangat bermanfaat, Instrukturnya jagoan!, Ini yang saya cari!, Materi mudah dipahami, semoga bisa di pakai nanti saat melamar kerja

AgilAzrah

6 hari yang lalu

Visual terlalu kecil, karena media tangkapan menggunakan ponsel.

Sugiantoro

6 hari yang lalu

Baik sekali

Rika Melany Puspitasari

6 hari yang lalu

Lihat Lainnya

Chevron Down White

Rekomendasi Lainnya

Pin Green

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

© 2022 Skill Academy. All Rights Reserved

Whatsapp Outline

Instagram Square
LinkedIn Square
Share White

Bagikan

Rp 575,000

Small Spinner
Home Active

Home

Class Inactive

Kelas Saya

PraKerja Bottom Nav Inactive

Prakerja

Others Inactive

Lainnya