Kategori

Chevron Down White
Search Black

DAFTAR/MASUK

Arrow Back

Detail Kelas

Jadwal Tatap Muka

Tentang Kelas

Materi Kelas

Ulasan Peserta

Flash Sale Icon

FLASH SALE

00

00

00

Menerapkan Teknik Hidroponik dalam Memulai Usaha Pertanian bagi Petani Sayuran Semusim

BEST SELLER

TATAP MUKA

Jadwal gelombang terdekat di kelas ini akan dimulai pada:

Senin, 13 Feb 2023 (9 hari lagi)

Jadwal Gelombang Lainnya

Rabu, 15 Feb 2023

Sabtu, 18 Feb 2023

lihat jadwal lainnya

Jadwal gelombang kelas Tatap Muka lainnya

Exclamation Mark YellowDots Light

Berikut jadwal gelombang yang tersedia. Kamu bisa pilih jadwal saat melakukan pembelian di platform mitra pembayaran (Bukalapak, Tokopedia, Kariermu, Pijar Mahir, dan Pintar).

*Khusus peserta Kartu Prakerja

Small Spinner
Small Spinner

Tentang Kelas

Deskripsi Kelas

Di zaman modern seperti sekarang ini, bercocok tanam tanaman pangan tidak lagi harus menggunakan tanah. Salah satu alternatif adalah dengan teknik budidaya hidroponik. Teknik hidroponik ini semakin banyak diminati oleh banyak orang, terlebih dengan peluang bisnisnya yang menguntungkan. Dengan teknik hidroponik sangat mungkin untuk dihasilkan produk sayuran yang berkualitas dan berkuantitas tinggi secara berkelanjutan. Pengembangan sistem hidroponik di Indonesia mempunyai prospek yang cerah baik untuk mengisi kebutuhan dalam negeri maupun merebut peluang pasar ekspor. Namun, untuk memulai usaha pertanian sebagai petani sayuran semusim yang menerapkan teknik hidroponik, diperlukan pemahaman dan kompetensi yang mendukung. Jika kompetensi tidak dikuasai dengan baik, maka dapat terjadi banyak hambatan dalam usaha pertanian yang dijalankan, misalnya kesalahan dalam penerapan teknik hingga kesulitan dalam memulai dan mengembangkan usaha. Oleh karena itu, kelas ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat umum untuk memahami dan meningkatkan kualitas dalam teknik pertanian hidroponik. Beberapa hal yang dipelajari di kelas ini yaitu terkait pengenalan dan menentukan komoditas hidroponik, dalam hal ini adalah sayuran semusim. Materi tersebut mempelajari terkait perkembangan, jenis, faktor penting, media dan sistem penanaman, serta alat dan bahan yang dibutuhkan untuk komoditas hidroponik. Selain itu, penting juga untuk mempelajari cara budidaya tanaman hidroponik, seperti membuat media tanam, penanaman bibit, perawatan, panen, dan pengelolaan pasca panen. Tidak hanya berkaitan dengan teknik dan budidaya tanaman hidroponik, di kelas ini juga akan dipelajari bagaimana menyusun perencanaan bisnis usaha pertanian. Mulai dari memahami bisnis UMKM, menerapkan Bisnis Model Canvas, hingga mempersiapkan modal usaha. Dengan demikian, diharapkan setelah mengikuti kelas ini, calon petani sayuran semusim dapat terampil dalam mengembangkan usahanya menggunakan teknik hidroponik.

Selengkapnya

Chevron Down Green

Kamu akan mendapatkan

Clock Green Checkmark

Akses Kelas Seumur Hidup

Green Certificate

Sertifikat Skill Academy

Green People

Sesi Tatap Muka

Topik

Tagging

#PRA-KERJA

Tentang Instruktur

Handoyo

Handoyo

Spesialis & Trainer Hidroponik

Handoyo telah berpengalaman dalam melakukan teknik hidroponik dan memberikan pelatihan bagi masyarakat umum.

Mehdy Riza

Mehdy Riza

Operations Manager kebunsayur

Mehdy Riza merupakan lulusan dari IBMT university jurunsa international business dan melanjukan S2nya di jruusan manajemen. Pengalaman karirnya, ia merupakan seorang operations manager di kebun sayur surabaya selama lebih dari 8 tahun.

Mohd Agung Fattahillah

Mohd Agung Fattahillah

Trainer Hidroponik

Agung Fattahillah adalah seorang pemimpin di Hidroponik Medan yang mengatur dan melaksanakan berbagai macam bentuk pelatihan, edukasi, dan pengajaran tanaman hidroponik.

Edi Gunawan

Edi Gunawan

Pemilik Usaha Hidroponik

Edi Gunawan merupakan seorang pemilik usaha Bhumi Agro Editani yang memberikan pelatihan dan pendampingan ke Kelompok tani dan penghobi berkebun. Selain itu, Edi juga sering bekerja sama dengan instansi terkait dalam melakukan program urban farming, hingga menyediakan atau menjual sarana prasarana pertanian. Edi juga berpengalaman sebagai narasumber untuk memberikan pelatihan untuk karyawan maupun siswa sekolah.

Rahmatul Khafidl

Rahmatul Khafidl

Pemilik Usaha Hidroponik

Rahmatul Khafidi merupakan seorang pemilik usaha Bertani Agro Farm yang memberikan pelatihan budidaya hidroponik, pelatihan pemanfaatan lahan sempit, pembekalan mahasiswa pertanian, hingga potensi agribisnis. Selain itu, Rahmatul juga menjadi Penyuluh Swadaya untuk dinas kota setempat.

Fitriya aprelianti

Pemilik Usaha Hidroponik

Fitriya Aprelianti merupakan seorang pemilik usaha Yurga Farm yang bergerak pada bidang hidroponik dan marketing. Fitriya juga seorang pelatih yang sering memberikan materi pada workshop/pelatihan untuk karyawan maupun siswa sekolah.

Materi Kelas

Question Small

2 Kuis

Exam Small

Pre Exam

Exam Small

Exam

Face To Face

2 Tatap Muka

Pre-Exam

Sesi 1: Persiapan Bisnis Tanaman Hidroponik

Chevron Up Green
Face To Face

Tatap Muka: Persiapan Bisnis Tanaman Hidroponik

MidTest Small

Test: Kuis: Persiapan Bisnis Budidaya Tanaman Hidroponik

Sesi 2: Melakukan Budidaya Tanaman Hidroponik

Chevron Down Green
Face To Face

Tatap Muka: Melakukan Budidaya Tanaman Hidroponik

MidTest Small

Test: Kuis: Melakukan Budidaya Tanaman Hidroponik

Post-Exam

Ulasan Peserta

Kelas ini belum memiliki ulasan.

Rekomendasi Lainnya

Pin Green

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

© 2023 Skill Academy. All Rights Reserved

Whatsapp Outline

Instagram Square
LinkedIn Square
Share Green

Bagikan

Rp 2,750,000

Small Spinner
Home Active

Home

Class Inactive

Kelas Saya

PraKerja Bottom Nav Inactive

Prakerja

Others Inactive

Lainnya